Jumat, 06 September 2013

SUNAN KUDUS

Sunan kudus nama lain yang sering disebut adalah Ja’far Shodiq, Raden Untung dan Raden Amir Haji, beliau adalah putra Raden Rahmat atau Sunan Ampel Surabaya.
Sunan Kudus tekenal sebagai ulama’ besar yang menguasai ilmu tafsir Al Qur’an, ilmu hadits, ilmu sastra, mantiq dan terutama sekali adalah ilmu fiqih, karena itu diantara para Wali Songo, beliau diberi julukan “Waliyul ‘Ilmi” yang artinya wali yang menjadi gudang ilmu, disamping itu beliau juga terkenal dibidang kesenian ciptaannya yang populer adalah Gending Maskumambang dan Mijil.
Pada waktu maulud Nabi Muhammad SAW, masyarakat berduyun-duyun datang di pintu gapura masjid, semua orang harus membaca dua kalimat syahadat terlebih dahulu sebelum masuk masjid, ini disebut syahadatain, yaitu ucapan dalam dakwah Islamiyyah dan hingga sekarang termasyhur dengan sebutan “Sekaten” (dari asal kata syahadatain). Beliau juga seorang pujangga dan berinisiatif mengarang dongeng-dongeng pondok yang bersifat dan berjiwa Islami.

Menurut cerita, Sunan Kudus waktu ke Makkah memperoleh hadiah berupa batu dari seorang Amir yang menurut cerita berasal dari kota Bait Al Maqdis (Jerussalem) yang di sebut juga “AL-KUDS”, diduga dari kata Al Kuds inilah asal kata Kudus dan selanjutnya beliau dijuluki dengan Sunan Kudus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar